Ahlan Wa Sahlan

Selamat Datang IBX5B6D85FDF1CEB
Gambar tema oleh Storman. Diberdayakan oleh Blogger.

Selasa, 02 Oktober 2018

Manfaat Memahami Perbedaan Air Conditioner dan Air Cooler untuk Pembelian Anda

 
Setiap dari kita pastinya menginginkan apa yang kita beli dapat bermanfaat secara optimal dan menguntungkan. Dengan pembelian yang demikian itu artinya kita juga terhindar dari kerugian karena salah pilih. Salah satu produk yang juga membuat Anda harus cermat terhadp pembelian adalah perangkat pendingin ruangan. Dengan semakin bertumbuhnya teknologi dan besarnya pasar memang membuat produk pendingin ruangan semakin beragam. Dari sekian banyak jenis perangkat pendingin ruangan yang ada, Air Conditioner atau AC dan air cooler menjadi produk yang paling banyak diminati masyarakat. Nah bagi Anda yang sangat concern dengan pembelian produk pendingin ruangan yang efektif, maka Anda tak boleh melupakan perbedaan antara air cooler dan air conditioner.

Supaya kita lebih bisa mendapatkan informasi yang jelas mengenai perbedaan air cooler dan air conditioner maka ada beberapa indikator yang perlu kita ketahui. Indikator pertama adalah mengenai cara atau sistem kerja masing-masing perangkat tersebut. Kita mulai saja dari perangkat air cooler. Produk yang mulai diminati konsumen di pasaran ini secara umum bekerja dengan meningkatkan kelembaban udara sehingga ruangan terasa sejuk. Cara kerja air cooler sendiri dimulai dari bagian bernama tangki yang berisi air dingin atau es. Dari air dingin di tangki ini maka air cooler kemudian akan mengubahnya menjadi uap untuk kemudian disebarkan ke ruangan.

Sementara itu untuk cara atau sistem kerja dari air conditioner adalah diawali dari penyerapan udara panas oleh kipas yang biasanya berada di luar ruangan. Setelah itu udara yang telah disedot akan diteruskan ke kumparan. Di kumparan ini kita akan mendapati beberapa senyawa seperti hidroklorofluorkarbon (HCFC), klorofluorkarbon (CFC) dan perfluorokarbon (FC) yang bekerja untuk diubah atau dikonversikan dari udara panas menjadi dingin. Setelah udara dingin didapatkan maka proses terakhir yakni disebarkan ke ruangan.

Indikator berikutnya yang harus kita bahas untuk mengetahui perbedaan air cooler dan air conditioner adalah kelebihan dan kekurangan masing-masing perangkat. Kita mulai saja dari kelebihan dari air conditioner, yakni :

  •     Mampu menghasilkan udara dingin yang begitu terasa.
  •     Untuk mendinginkan ruangan, air conditioner bekerja dengan cepat.
  •     Tak perlu repot-repot untuk terus mengecek persediaan air dingin di tangki seperti pada perangkat air cooler.
  •     Anda bisa memasang air conditioner ini di ruang yang tanpa sirkulasi sekalipun tanpa menimbulkan efek buruk dari kelembaban.
  • Bagaimana dengan kelebihan dari air cooler, berikut beberapa diantaranya :
  •     Membuat tagihan listrik rumah Anda aman karena hemat daya.
  •     Untuk membelinya Anda tak perlu pusing karena harganya yang terjangkau dibanding AC.
  •     Bisa Anda pindah-pindahkan sesuka hati dengan mudah dan leluasa.
  •     Tak perlu mendatangkan ahli service untuk melakukan perawatan, karena bisa dilakukan sendiri.

Tapi namanya produk buatan manusia pastinya kedua perangkat ini tidak sempurna. Dari sini muncullah beberapa kekurangan dari produk yang bisa Anda jadikan catatan dan bahan referensi pembelian. Nah kita mulai saja dari kekurangan dari air conditioner yaitu :

  •     Harga belinya terbilang cukup menguras isi kantong.
  •     Membuat pemiliknya harus bersiap dengan tagihan listrik yang besar karena perangkat ini yang membutuhkan daya besar hingga 500 waat.
  •     Tidak mudah untuk dipindah-pindahkan lagi jika sudah dipasang.
  •     Perawatannya rumit sehingga membutuhkan biaya untuk menyewa jasa ahli service.
  • Sedangkan untuk kekurangan dari perangkat air cooler antara lain :
  •     Tidak bisa menghasilkan udara sedingin air conditioner.
  •     Dibanding air conditioner, perangkat air cooler lambat untuk mendinginkan ruangan.
  •     Pemakaiannya tergantung pada persediaan atau stok air dingin atau es di tangki.
  •     Tidak bisa dinyalakan di ruang tertutup dengan sirkulasi udara buruk karena bisa memunculkan penyakit dari efek kelembabannya.

Dari beberapa penjelasan di atas mudah-mudahan Anda sudah paham bedanya air cooler dan air conditioner. Pemahaman terhadap perbedaan AC dan air cooler ini memang sangat penting karena dapat membuat pembelian Anda menjadi efektif. Selain itu dengan pemahaman tersebut Anda pun tak akan lagi kebingungan mengenai pertentangan atau perdebatan umum di pasaran mengenai air cooler vs air conditioner.

0 on: "Manfaat Memahami Perbedaan Air Conditioner dan Air Cooler untuk Pembelian Anda"