Gambar tema oleh Storman. Diberdayakan oleh Blogger.

Rabu, 25 Oktober 2017

Pengertian & Asal Usul Batik Parang




Tentunya Anda sudah pernah dengar dong yang namanya batik Parang? Banyak yang menyangka bahwa batik Parang merupakan sebuah jenis motif batik yang berasal dari senjata parang. Namun benar ngga sih sebenarnya? Pada kenyataannya, ternyata tidak. Nama Parang pada motif batik Parang tidak berasal dari senjata Parang. Bahkan sebenarnya tidak ada hubungannya sama sekali. Nah mari kita simak bersama, apa yang sebenarnya dimaksud dengan Parang pada motif batik ini.

Ciri-Ciri Batik Parang
Kalau bicara tentang batik Parang, sudah pastilah yang paling dikenal adalah motif diagonalnya. Motif ini terdiri dari sebuah gambar berbentuk huruf S yang saling menyambung dan berulang-ulang dengan sudut 45 layaknya sebuah lereng.
Sepertinya Andapun langsung akan teringat seperti apa motif batik Parang ini. Motif yang saking terkenalnya, beredar sangat luas di pasaran. Tapi bukan tanpa sebab. Selain motif ini cukup sederhana dan bagus untuk digunakan sebagai kemeja, ternyata motif ini memiliki makna yang luar biasa dalam. Apa saja? Mari kita bahas bersama-sama.
 
Makna Batik Parang
1.       Bijaksana dan Adil. Seorang karakter pewayangan yang kerap menggunakan batik Parang adalah Gareng. Sampai-sampai bentuk huruf S pada motif Parang disebut Gareng.

Gareng sendiri merupakan seorang tokoh yang melambangkan kebijaksanaan. Ia mampu melihat segala jenis permasalahan dari berbagai sisi, tidak hanya dari sudut pandangnya saja. Sehingga Gareng ini dikenal sebagai tokoh yang bijaksana dan Adil, tidak subyektif terhadap sudut pandangnya sendiri.
Gareng dapat menyelesaikan segala permasalahan dengan sangat adil, dan disukai oleh masyarakat. Tidak mungkin Gareng mengambil keputusan yang berat sebelah, oleh karena itu pihak-pihak yang terlibat merasa bahwa keputusan Gareng selalu dapat diterima.
2.       Kegigihan. Salah satu inspirasi dari batik Parang itu adalah ombak. Ombak disini melambangkan kekuatan dari keinginan, kegigihan. Ombak menerpa karang yang notabene sangat keras dan hampir tidak mungkin ditembus oleh air. Namun ombak yang terus menerus menerjang karang, pada akhirnya meninggalkan bekas lubang-lubang pada parang tersebut, dan dapat menyebabkan korosi.
Begitu juga dengan pengguna motif Parang. Diharapkan sang pemakai batik ini memiliki kekuatan mental bak ombak, yang tidak menyerah walaupun diterpa berbagai cobaan. Tidak mudah menyerah walaupun gagal berkali-kali. Sampai akhirnya berhasil mencapai tujuan dan keinginan dalam hidup.
3.       Konsistensi dalam memperbaiki diri. Motif batik Parang yang berulang-ulang merupakan sebuah simbol bahwa manusia seharusnya selalu berusaha menempa dirinya menjadi lebih baik. Tidak ada batas dimana seseorang dapat menjadi lebih baik dari dirinya di masa lalu.

Seorang pengguna batik Parang terus memelihara silaturahmi dengan sesama manusia, dengan hewan, alam hingga hubungannya dengan tuhannya.

Asal Usul Batik Parang
Banyak yang bertanya-tanya, atau bahkan salah berasumsi. Apakah sebenarnya motif batik Parang berasal dari senjata Parang? Seberapa benarkah pernyataan ini. Ternyata berdasarkan berbagai sumber informasi, termasuk artikel dan buku-buku, senjata Parang dan batik Parang tidak memiliki kesamaan sama sekali. Batik Parang tidak terinspirasi dari senjata Parang.
Lalu apa sebenarnya yang menjadi sumber inspirasi motif ini? Motif ini diciptakan oleh seorang raja pendiri kerajaan Mataram pada abad ke-16, yaitu Danang Sutawijaya. Yang menjadi inspirasinya?
Ombak dan Lereng. Kata Pereng dalam bahasa Jawa artinya adalah Lereng, yaitu tempat dimana sang raja bermeditasi dan mendapatkan inspirasi dari memperhatikan ombak dari atas lereng tersebut. Motif huruf S pada batik Parang berasal dari ombak yang tak henti-hentinya menabrak karang sampai berlubang-lubang. Kekuatan ombak tersebutlah yang menjadi inspirasi beliau menciptakan motif batik Parang.
Hehehe, bagaimana gan? Sudah paham sekarang bahwa motif batik Parang tidak ada hubungannya dengan senjata Parang? Kalau begitu, semoga pengetahuan tentang motif Parang ini berguna ya untuk Anda. Salam!

0 on: "Pengertian & Asal Usul Batik Parang"