Gambar tema oleh Storman. Diberdayakan oleh Blogger.

Selasa, 24 Oktober 2017

Moment Zwitsal Pertama, Cara Membersihkan dan Merawat Tali Pusat


Tali pusat adalah bagian tubuh dari bayi yang baru lahir dan harus tetap dirawat.merawat dan membersihkan tali pusat merupakan suatu kegiatan perawatan yang mungkin ditakuti para ibu-ibu. Khususnya bagi mereka yang baru pertama kali menimang bayi. Sebenarnya, Anda tidak perlu takut dan cara merawat tali pusat juga tidak sulit. Moment Zwitsal membagikannya perawatan dan upaya membersihkannya yang benar. 
Apalagi jika tali pusat bayi Anda sudah kering dan bersih, tentu mudah merawatnya. Tali pusat pada dasarnya dapat dibiarkan terbuka, tidak perlu ditutup dengan kain kasa. Sebelum melakukan perawatan tali pusat, Anda wajib mencuci tangan sampai bersih terlebih dahulu. Ingat, tangan adalah penyebaran bakteri atau virus yang paling mudah. Jadi, jaga kebersihan tangan Anda dulu. Setelah itu, lakukan beberapa langkah ini seperti yang diinfokakan oleh moment Zwitsal!
·         Tali pusat masih menempel pada tubuh si kecil sekitar 5-21 hari. Selama itu, bayi tidak perlu sering dimandikan. Anda bisa memandikannya sehari sekali. Sedangkan bila terasa kotor badannya, cukup diseka menggunakan handuk yang lembut dan dibasahi air hangat. Itu karena untuk menjaga supaya tali pusat tetap kering. 
·         Ketika memandikan si kecil, berikan perhatian khusus pada tali pusat. Keringkan sampai benar-benar kering dan tidak ada air yang tersisa. 
·         Menurut penuturan di moment Zwitsal, tali pusat bayi yang baru lahir umumnya tidak lengket dan bersih. Tapi, kalau basah dan lengket di daerah perut dengan pertemuan tali pusat, bersihkan menggunakan bola kapas yang disterilkan dengan alkohol 70%.
·         Bila takut kenapa-kenapa, Anda bisa menutup tali pusat menggunakan kasa steril. 
·         Berhati-hatilah ketika memakaikan pakaian pada si kecil. Pastikan popok atau celana bayi tidak mengenai area tali pusat agar tidak menimbulkan iritasi atau infeksi. 
·         Hindari menutup tali pusat menggunakan plester, jaring elastis atau semacamnya yang bisa memicu terjadinya iritasi. 
·         Hindari merawat dan membersihkan tali pusat dengan salep antiseptik, obat merah atau sejenisnya tanpa anjuran dokter. 
Apabila terjadi sesuatu seperti adanya nanah di bagian tali pusat atau muncul bau busuk, segera datang ke dokter anak. Atau sampai tali pusat mengalami pembengkakan dan nampak kemerahan yang disertai tangis bayi yang terus menerus, maka bawalah ke pusat kesehatan terdekat. Bidan atau dokter dapat membantu Anda menyelesaikan masalah tersebut. Nah, itulah rekomendasi dari moment Zwitsal untuk perawatan dan menjaga kebersihan tali pusat.

0 on: "Moment Zwitsal Pertama, Cara Membersihkan dan Merawat Tali Pusat"