Gambar tema oleh Storman. Diberdayakan oleh Blogger.

Selasa, 24 Oktober 2017

Mengikuti Perkembangan Komunitas Musik Indonesia

indie foto:kaskus.co.id

Seiring perkembangan zaman, komunitas musik Indonesia memperlihatkan perkembangan yang signifikan. Biasanya komunitas ini membahas semua hal tentang perkembangan musik dalam negeri. Setiap kota mempunyai perwakilan untuk membicara kendala-kendala perkembangan musik di kotanya, menanggapi peran pemerintah dan lainnya. Melalui perkumpulan, para anggota akan bertukar pendapat dan pikiran. 
Adanya komunitas musik Indonesia, tentulah mendorong semangat untuk mengembangkan kualitas musik dalam negeri. Sehingga, nantinya para musisi Indonesia bisa menjadi penting bagi pemerintah dan mengharumkan nama baik Indonesai sampai ke International. Biasanya pembahasan yang dilakukan diawali dengan menanyakan perkembangan musik di berbagai kota. Sehingga, perwakilan setiap kota tahu aliran musik apa saja yang ada di kota-kota seluruh Indonesia. 
Medan salah satu kota yang mempunyai banyak aliran musik seperti Hardcore, skena metal yang rutin membuat rekaman, skena indie, skena elektronik juga mulai bangkit di Medan. Kalau dilihat-lihat perkembangan musik di Medan sudah semakin bermacam-macam dan memiliki masa depan cerah. Medan memang mempunyai karakter yang menarik, memungkinkan beberapa tahun kedepan dapat berkembang layaknya kota besar sebagaimana Jakarta atau Bandung. 
Setelah dari medan, bahas juga bagaimana komunitas musik Indonesia di Pontianak. Di Pontianak sedang berkembangnya ide-ide dari anak muda tentang musik. Komunitas musiknya juga terus tumbuh dan berkembang. Dimana sekarang ini sering melakukan aktivitas-aktivitas positif dari ide-ide yang dituangkan oleh setiap komunitas. Sebenarnya perkembangan komunitas musik di Pontianak berubah-ubah tidak stabil, banyak juga yang sudah punah. 
Itu karena beberapa komunitas berdiri hanya mengikuti trend saja, sehingga tidak kontinu dan fokus pada tujuannya. Jika trendnya sudah mulai pudar, maka komunitasnya pun bubar. Namun, banyak juga komunitas yang semakin tumbuh dan bertambah anggotanya. Banyak penyebab bubarnya suatu komunitas musik Indonesia di Pontianak adalah dipengaruhi karena anggota sudah menikah, ada pekerjaan yang lebih penting atau akibat tidak meraih feedback yang diharapkan. 
Sebenarnya alasan-alasan itu bukan menjadi alasan untuk mengembangkan komunitas musik. Seharusnya para anggota tetap berkomitmen kuat dan yakin pada apa yang dilakukannya saat ini. Mereka tidak boleh putus asa begitu saja, harus selalu berusaha untuk menjadi yang terbaik. Pembuatan event-event musik di kota sendiri bisa menjadi motivasi kuat agar tetap terus bertahan.
Tidak usah even-even yang besar, tapi kecil-kecil saja yang rutin dilakukan bisa menambah feedback positif dari masyarakat ke kita. Misalnya dengan membuat video pameran musik menggunakan dana hasil patungan team. Dengan aktiv berkegiatan, semangat berkembang akan terus tumbuh.


0 on: "Mengikuti Perkembangan Komunitas Musik Indonesia"