Gambar tema oleh Storman. Diberdayakan oleh Blogger.

Sabtu, 28 Oktober 2017

Ketahui Jenis Bakteri Penyebab Diare


foto:andasehat.com

Tidak hanya satu jenis saja bakteri penyebab diare, tapi ternyata ada ribuan jenis bakteri yang bisa masuk dan menginfeksi organ pencernaan. Setelah mikroorganisme itu berhasil menginfeksi saluran pencernaan, maka munculnya sakit diare. Secara umum, bakteri-bakteri dikelompokkan menjadi 4 jenis dalam kasus diare. Diantaranya Campylobacter, Salmonella, E. Coli dan Shigella. 

Diare adalah penyakit yang biasa mengganggu saluran pencernaan dan dialami banyak orang, baik bayi sampai dewasa. Penyakit ini dapat diakibatkan karena infeksi bakteri, virus hingga parasit. Campylobacter adalah bakteri penyebab diare yang mampu menginfeksi manusia dan hewan terutama kelompok unggas. Penularannya melalui media perantara yakni makanan seperti produk susu, keju, air yang terkontaminasi dan juga daging yang tidak dimasak secara benar. 

Berdasarkan penelitian, bakteri ini lemah di udara luar. Campylobacter dapat bertahan lama pada suhu tubuh, tapi bisa mati kalau terkena oksigen atau terkena udara di lingkungan yang kering. Bakteri penyebab diare selanjutnya yakni Salmonella. Bakteri ini kerap ditemukan pada dagung mentah dan berbagai produk yang berbahan dasar susu serta di hewan reptilia. Jika sudah menginfeksi tubuh, Salmonella akan berkembang cepat. 

Gejala yang ditimbulkan 12 jam sampai 3 hari dan bisa bertahan sampai 7 hari. Bakteri ini tergolong lemah dan bisa mati di suhu tinggi. Kalau ingin menghentikan diare akibat bakteri Salmonela, cukup makan-makanan yang masih panas. Selanjutnya ada bakteri Shigella yakni jenis bakteri diare yang gejalanya disertai darah. Shigela ini dapat berpindah-pindah cepat dari orang yang satu dengan orang lainnya, tidak seperti bakteri penyebab diare lainnya. 

Sakit diare akibat bakteri Shigella ini dialami oleh mereka yang mempunyai pola hidup tidak higienis. Shigella hidup di air dan menempel pada makanan. Bakteri ini bisa dihindari dengan cara mencuci tangan menggunakan sabun sebelum mengkonsumsi makanan. E. Coli adalah jenis bakteri penyebab diare berikutnya. Bakteri E. Coli ini sering muncul pada kasus-kasus diare yang dialami banyak orang. Kebanyakan E. Coli yang ditemukan tidak berbahaya dan kerap hidup di organ pencernaan manusia. 

Tapi, perlu diwaspadai, beberapa bakteri ini bisa beracun yang mengakibatkan terjadinya infeksi akut dan akhirnya diare berkepanjangan. Umumnya E.Coli menginfeksi anak-anak. Sama seperti Shigella, E. Coli juga menular dari perpindahan antar manusia ke manusia. Jadi, berhati-hatilah bila tidak ingin terkena diare. Sebab, bakteri penyebab diare mengintai dimana-mana. Mulailah jaga kebersihan dengan mencuci tangan menggunakan sabun anti bakteri.


0 on: "Ketahui Jenis Bakteri Penyebab Diare"