Gambar tema oleh Storman. Diberdayakan oleh Blogger.

Senin, 27 Maret 2017

Penyebab dan Gejala Diare Pada Anak

Saat terjadi diare pada anak akan membuat mereka bolak-balik pergi ke kamar mandi. Perutnya terasa sakit dan segala macam aktivitasnya terganggu. Sangatlah tidak menyenangkan jika melihat mereka terkulai lemas dan tidak ceria seperti biasanya. Diare adalah suatu gangguan pada pergerakan usus yang tidak nyaman dan mengeluarkan cairan terus-menerus karena terjadi infeksi gastrointernital (GI) akibat virus, bakteri atau parasit. 

infeksi gastrointernital umumnya disebabkan oleh bakteri E. Coli dan beberapa virus seperti rotavirus penyebab diare pada bayi. Infeksi ini cepat menular yang penyebarannya melalui tangan yang terkonaminasi bakteri atau virus itu. Makanan atau minuman yang terkontaminasi juga sebagai jembatan bakteri atau virus tersebut menginfeksi saluran pencernaan. Berikut gejala diare pada anak yang perlu kamu ketahui :
foto:hamilplus.com

•    Sering buang air besar
•    Hilangnya nafsu makan
•    Terasa lemas
•    Merasakan mual dan muntah
•    Demam dan menurunnya berat badan
•    Perut terasa sakit
Pencegahan dan pengobatan diare pada anak
Ada beberapa cara untuk mengobati diare yang bisa kamu berikan pada anak :
Berikan larutan oralit
Kamu bisa membuat larutan oralit sendiri karena caranya sangat mudah. Cukup menyiapkan 200 ml atau segelas air putih hangat agar lebih nyaman. Masukkan 2 sdt gula dan tambahkan ½ sdt garam. Aduk sampai berbaur rata dan mintalah anak kamu mengkonsumsinya. Berikan 2-3 kali dalam sehari, kalau ada perubahan tapi masih mengalami diare kurangi dosisnya 1 kali sehari saja. Oralit sangat efektif mengobati dan menyembuhkan diare pada anak.
Jagalah tubuh si kecil agar terhidrasi dengan baik
Meski tubuh lemas dan malas untuk mengkonsumsi makanan atau minuman, tapi tetaplah berusaha untuk menghidrasi tubuh. Sebab, jika terjadi dehidrasi kondisi tubuh semakin buruk dan bukan tidak mungkin harus rawat inap di rumah sakit. cobalah minum jus buah segar tanpa ampas, madu dan teh serta air putih.
Selalu jaga kebersihan tangan dan peralatan makan
Tangan merupakan media penularan penyakit yang cepat. Oleh karena itu, jagalah kebersihannya. Cuci tangan sampai bersih sebelum makan dan jangan tutup hidup atau mulut saat bersin maupun batuk. Tutuplah menggunakan lengan tangan saja untuk menghindari penyebaran kuman serta penyakit. Selain kebersihan tangan, peralatan makan juga tak luput dari perhatian sebagai pencegahan diare pada anak. Cucilah dengan teliti hingga tak ada kotoran yang menempel.

0 on: "Penyebab dan Gejala Diare Pada Anak "