Gambar tema oleh Storman. Diberdayakan oleh Blogger.

Jumat, 17 Februari 2017

Cara Menggendong Bayi yang Aman, Nyaman dan Sesuai Usianya

Sebelum melahirkan seorang bayi, Anda perlu belajar bagaimana cara menggendong bayi yang benar, aman dan nyaman. Sehingga, setelah melahirkan Anda tidak sulit lagi kalau ingin menggendongnya. Pasca melahirkan, tubuh menjadi lemah dan tidak sempat untuk berlatih menggendong. Alangkah baiknya, Anda meminta saran orang tua dan mempraktikkannya secara langsung dengan anak tetangga ataupun teman. 

Saat menggendong bayi, Anda harus memperhatikan keamanan dan kenyamanan bayi dalam dekapan Anda. Sehingga, dia tidak akan menangis dan tidak terjadi kesalahan pada tubuhnya. Menggendong bayi perlu dikelompokkan berdasarkan usianya. Anda perlu memahami teknik-teknik tertentu untuk menghindari resiko buruk yang mungkin saja terjadi. Menggendong bayi baru lahir tentu tidak sama dengan bayi usia 6 bulan. 
foto:duniaanak.org

Perhatikan beberapa fase usia ketika Anda ingin menggendong bayi. Fase usia bayi dianggap penting karena dari sinilah Anda mengetahui masa rawannya. Oleh karena itu, cara menggendong bayi dibedakan menjadi beberapa tahap :

Usia 0 sampai 3 bulan
Saat bayi berumur 0 – 3 bulan, tulangnya masih lemah dan rawan. Posisi gendong terbaik yakni dengan cara membaringkannya pada lengan Anda. Satu lipata siku Anda digunakan untuk menopang kepala dan lehernya, sedangkan tangan yang satunya untuk menopang punggung serta pantat bayi. 

Pada usia 4 bulan
Cara menggendong bayi yang benar pada usia 4 bulan adalah posisinya hampir sama dengan usia sebelumnya. Namun, sesekali dudukkanlah dia dipangkuan Anda dengan kepala yang disandarkan pada dada dan menghadap ke depan. 

Umur 5 bulan
Ketika memasuki usia 5 bulan, bayi pada umumnya sudah bisa menopang kepalanya dengan baik. Maka, Anda bisa menggendongnya miring ke pinggang dengan kaki yang melingkar di bagian pinggul. Sehingga, Anda cukup menopang tubuhnya dengan satu tangan saja. 

Usia 6 bulan ke atas
Kalau Anda ingin menggendong di punggung maka, sudah bisa dilakukan, usia 6 bulan si kecil sudah sempurna dalam meonapang tubuhnya sendiri. 

Itulah fase-fase yang bisa Anda jadikan sebagai acuan cara menggendong bayi yang tepat. Buatlah dia nyaman berada di panggkuan Anda dan curahkan kasih sayang kepadanya dengan sepenuh hati. Ketulusan hati Anda dalam merawatnya akan dirasakan oleh bayi Anda. Sehingga, tercipta ikatan batin yang kuat antara ibu dan anak. Ingat, penting sekali menggendong sesuai umur bayi.

0 on: "Cara Menggendong Bayi yang Aman, Nyaman dan Sesuai Usianya"